Untuk beberapa dari kalian yang suka web-developing, mungkin sudah pernah dengar dengan yang namanya Portal atau Portlet. Sebetulnya sangatlah mudah untuk mengerti Portal atau Portlet.
Ok, sedikit penjelasan.
Sewaktu dulu (awal-awal internet baru "booming"). "Semua" orang membuat halaman web dengan membuat HTML page. Dan saat itu (sekitar 1995an) masih belum banyak orang yang bisa menguasai dynamic web. Saat itu baru ada yang namanya CGI. Syntax-nya pun masih belum banyak orang yang mengerti.
Di awal tahun 2000, mulai lah masuk beberapa bahasa computer yang membuat programming "lebih" mudah di mengerti, salah satunya Java. Java saat itu sudah memiliki servlet dan servlet container. Dan technology masih terus berkembang, dan communitynya pun mulai banyak.
Untuk kalian yang baru mulai belajar JAVA, tidak usah ragu atas pilihan, sekarang sudah banyak website yang beriisi dengan contoh2 code, penjelasan code, tanya jawab, dan lain-lain.
Untuk saat ini saya tidak akan menjelaskan lebih detail mengenai servlet atau portlet, kalian bisa mencarinya di google... "just one click away" aja kok  :)
Saat ini, saya ingin membagi cara instalasi Liferay (Portal atau bisa juga di bilang Portlet Container). Silahkan lihat video di bawah ini.
 


Comments




Leave a Reply