Orang kaya tambah kaya, sedangkan orang miskin tetap miskin.
Beberapa minggu (mungkin bulan) yang lalu, saya mengikuti seminar yang awalnya di berikan untuk para calon agen asuransi ternama di Jakarta. Di saat seminar tersebut hadir seorang motivator ternama, yang awalnya dia (sendir juga lupa namanya) juga ingin berbicara, tapi saat itu lokasi yang termasuk jauh, akhirnya saya tidak menghadiri acara awalnya. Hadirnya beliau sangatlah "kebetulan". FYI... "there are no such thing as coincidences".
So far so good, menghadiri acara yang kita awalnya ingin hadiri, tapi ga bisa, ehhh malah dia hadir di sini. So, let's go!. Di saat ini beliau (motivator) membicarakan mengenai "Super active income" yang inti-intinya membahas:

Kita harus superrrrrr acctiiivveeee...baru dapat income.

Di sini kita rawan akan pemasukan uang kita ke dalam rumah tangga. Memang uang bukan yang sangat penting, tapi apa kita sadar uang di butuhkan untuk kita bisa hidup layak dan tentram? duhhh...everybody know that.
Salah satu solusi yang beliau (motivator) katakan, "Kenapa kita harus kerja, padahal uang bisa bekerja untuk kita loh". Nah di sini mulailah tumbuh ke-ingin tahuan saya mengenai "Money working for me..but how??"
Bikin usaha, usaha apa sih yang belum ada di Indonesia ini? Mau ikutan main saham, orang bilang (dan sendiri masih percaya sewaktu itu) adalah judi... But hold on. Jika saham main judi, kenapa tidak banyak orang atau perusahaan (besar) pada bangkrut? Ini yang bikin kita bimbang..
Tahu cari tahu (investigating), bermain saham itu bukan judi...ada ilmunya. Dari pattern recognition, company profiling, news etc...
Setelah mengikuti "saham academy", akhirnya saya sadar...kenapa orang kaya tambah kaya, dan orang miskin / biasa, tetep harus kerja mati-matian sampai kita semua merasa... kita semua merasakan"Hidup ini adalah untuk kerja, bukan untuk hidup". Siapa yang bisa menikmati pensiun kita ? apakah kita sendiri atau kita + keluarga kita? jarang loh orang yang bisa menikmati pensiunnya sendiri (ini juga kalau punya).
Ingin sekali saya membuat applikasi (JAVA) yang dimana saya sendiri memilik kekuasaan yang bisa saya buat sendiri. Karena applikasi di luaran sana (seperti contohnya ChartNexus) tidak memberikan apa yang saya butuhkan.
Setelah mencari-cari source/akar untuk mengerjakan apa yang saya inginkan, akhirnya saya menemukannya. Dan saya ingin membagi dengan kalian. Salah satunya adalah data stock (emitent) yang di mana kita bisa nantinya buat applikasi sendiri.
Untuk saat ini saya akan membagi data, silahkan gunakan agar anda bisa membuat applikasi sendiri. Data yang saya berikan ada 2 macam, yaitu CSV atau SQL. File ini memili data sebanyak 74.762 perusahaan dan data ini memiliki data dari 40 bursa saham terbesar di dunia ini.
companies.csv.zip
File Size: 1140 kb
File Type: zip
Download File

company.sql.zip
File Size: 1138 kb
File Type: zip
Download File

Jangan seperti orang di atas ini, jadilah orang seperti yang di bawah:
Don't work hard, work smart!.
 


Comments




Leave a Reply