Saya emang bisa di bilang orang yang "patuh" sama buku. Ini khusunya di bagian-bagian yang saya sendiri tidak paham, atau tidak mengerti sama sekali. Untuk kali ini saya ingin membahas penggunaan oli mesin yang akan saya jalankan. Untuk itu, harap di pantau saja blog ini dalam waktu dekat. :)
Untuk "beberapa" kilometer pertama (sekitar 12.000 km) saya mempercayai delaer minerva agar memasukan oli ke motor GTR 170 saya punya. Namun, akhir-akhir ini saya mulai mencurigai pihak dealer yang memasukan oli mesin tipe ece-ece (murahan/ga jelas). Ini di karenakan buku panduan yang mengatakan oli mesin agar di ganti setiap 2.500 KM. Sedangkan "sudah" 1000 KM saja mesin (di rpm tinggi) sudah terasa bergetar halus yang terasa di kaki.
Mulailah saya meng-explor tipe-tipe oli mesin yang ada di pasaran. Dan akhirnya saya memulai journey pertama ini dengan membeli 3 botol "Shell Advanced AX5". Dengan harga "murah"/ "terjankau" saya akan membuka pengalaman saya ke dunia maya.
Botol pertama, saya gunakan sesuai dengan buku petunjuk. Yaitu mengganti setiap 2.500 KM. Setelah 2.000 KM berlalu, saya pun merasa "Masih ada 2 botol lagi tuh, coba ah pengen liat ah hasilnya".
Setelah membawa ke bengkel di deket rumah, mereka pun membuka "baut" penutup oli mesin (yang berada di bagian kiri bawah motor), setelah di buka, montir pun berkata "Boss,  udah brapa lama ga ganti oli? kotor banget olinya. And dikit (kira2 50% berkurang dari biasanya)
"Huh?? Kotor? tinggal dikit? maksudnya??"
Masuklah isi botol ke 2 ke dalam perut motor. Dan sambil mengingat kata-kata montir yang 2.000 KM di bilang ke lamaan, akhirnya saya pun membawa kembali motor ini setelah 1.000 KM.
Hasil setelah 1.000 KM....tetap sama, oli kotor, tapi jumlah oli masih OK (kisaran 0.75 liter kali yah :) )
Agak panik juga sih denger berita ini. Tapi setelah baca-baca di internet, yang mengatakan "Jika oli kotor yang di keluarkan dari mesin saat mengganti oli, ini berarti oli bekerja seperti seharusnya. Dengan kekotoran di dalam mesin yang ada, oli tetap membawa kotoran tersebut keluar. Jika oli motor yang anda ganti keluar bening, anda harus curiga, karena tidak ada pembakaran di dalam mesin motor tidak menghasilkan kotoran".

Bener juga sih kalau di pikir-pikir pemikiran seperti itu..
Sambil baca-baca di internet, saya menemukan pembicaraan mengenai oli untuk motor matic. Dari pembicaraan tersebut, di nyatakan bahwa, the best oli untuk motor matic adalah    :
=== PILIHAN TERBAIK Menurut TS ====
1.Motul Scooter Expert (Rp. 200.000)
2. Motul Scooter biasa (Rp. 150.000)
3. Shell AX7 Scooter (RP. 42.000)
4. Castrol POWER1 SCOOTER 4T
5. Repsol Moto Scooter 4T 5W40
6. BM1 PC 1100 (Rp. 50.000)
7.Pertamina Enduro matic
Saya sendiri belum mencoba semua yang ada di list tersebut. Nah ok, setelah mendapatkan list ini, saya sendiri meng-explor apa yah yang akan saya coba. Nomor 1 & 2 harganya lumayan gila juga sih. Tapi ada beberapa orang meng-claim oli tersebut bisa di gunakan sebanyak 8.000-10.000 KM. Ini nomor yang sangat fantastis! Apa betul?
Yawes, sambil nunggu botol ke 3 di masukan ke dalam perut si cikita, kayaknya saya pengen stay di Shell dulu deh. So, nomor 3, Shell AX7 Scooter ,  akan menjadi bahan percobaan berikutnya.
Untuk percobaan ini, saya akan naikan yang dari per 1.000 KM, menjadi 1.500 KM. Saya akan membeli 2 botol saja. Dan kita akan tunggu hasil dari penelitian ini.
Disclaimer:
Apa yang saya sampaikan diatas adalah bersifat subjektif, penggunaan oli itu cocok2an, tergantung mesin dan style berkendara ridernya. Oli yang sama dengan tipe motor yang sama bisa berbeda2 impresinya untuk rider yang berbeda, so coba dulu saja olinya, pakai dan rasakan sampai menemukan yang  terbaik (tapi ingat jangan terlalu sering2 ganti merk oli :d).
10/14/2013 07:41:38 pm

Setelah mencoba beberapa botol (3x shell advance kuning dan 3x shell advanced ax7) saya akhirnya "kapok" pake oli shell ini. setelah nyobain dan konsultasi sama orang2 bengkel, ga taunya oli sintetik ga cocok ama nih motor, olinya gampang ikut "kebakar". So dari montir minverva sendiri, lebih baik pake oli matic "Flick" dari federal. So far sih baru ganti 1 botol, and sepertinya udah jadi normal lagi. waktu pake shell advanced (ax7) kalau ganti oli, yang keluar paling 20% (di gunakan dalam jarak 1000km / 2 minggu bolak balik jkt-bgr setiap hari kerja. nah...ganti ke flick, kayakya cocok nih oli, kemaren ini pas ganti sekitar 90%-95% keluar dari "belly" si gtr...

Reply
Iman boedi s
2/27/2015 04:55:11 pm

Kesimpulannya kalau motor minerva sebaiknya pakai oli merk apa .

Reply



Leave a Reply.