Sudah hampir seminggu saya menggunakan NANO ENERGIZER di dalam Motor kesayangan ( Minerva GTR 170 CC ). Dalam seminggu ini kurang lebih saya sudah menggunakan sebanyak / sejauh 300 KM. Dalam periode ini saya menggunakan oli mesin tipe baru (yang sebelumnya menggunakan Repsol Moto 0.8L, yang di gunakan standar oleh dealer Minerva dan sesudah ini saya mencoba Shell AX 5) yaitu Shell AX 7 (semi sintetik).
Setelah menggunakan kombinasi ini ( Shell AX 7 & Nano Energizer), sumpah, saya sendiri baru merasakan kembali kondisi motor baru. Semakin saya menggunakan motor, bukannya dari licin menjadi "seset", malahan dari licin semakin licin dan semakin halus tarikannya.
Semakin jauh, semakin saya tidak percaya...apa betul ini semua semakin membaik? atau semua ini hanya "The Power of Suggestion" belaka?
Seperti (educated/experience) berkata, you don't know when you don't even try. Atau kata pak Mario Teguh bilang: Lebih baik gagal mencoba, dari pada tidak mencoba sama sekali. Dan kali ini, saya bisa berkata, memang betul...this product did WORK! :)
Apa yang saya rasakan yang saya bilang menjadi perubahan yang signifikan?
  • Pada blog saya sebelumnya ( http://delta76.weebly.com/1/post/2013/05/nano-energizer-panas-musuh-mesin-anda.html ) saya mengatakan, sebelum menggunakan NANO ENERGIZER mesin panas, knalpot dingin. Saat ini bisa di bilang kondisinya kebalik. Semakin jauh saya menggunakan NANO ENERGIZER, knalpot semakin menghasilkan panas, dan mesin semakin dingin. Dengan kata lain, suhu panas berkurang di timbun di dalam mesin. Good job
  • Seminggu saya menggunakan NANO ENERGIZER, semakin hari semakin licin dan semakin enteng. Di motor Minerva GTR 170 CC bisa di rasakan dalam RPM rendah (3000 - 400 rpm) akan di rasakan sentakan-sentakan, atau tarikan agak kasar. Setelah menggunakan NANO ENERGIZER + SHELL AX 7, sentakan-sentakan ini semakin berkurang. Apa lagi kalau di bawa jalan-jalan di Jakarta pada jam kerja (official stop and go riding).....
Di katakan bahwa menggunakan NANO ENRGIZER bisa menambah umur mesin, dan selama 30.000 KM mesin anda akan tetap bagus seperti awal. Di karenakan saya menggunakan KAPUR BARUS saya perkirakan saya akan membeli NANO ENGERGIZER setiap 15.000 KM (saat penggunaan awal saya menggunakan NANO ENERGIZER di KM 17.900, so di KM 33.000 saya akan membeli lagi)...just in case aja. :)
Saya hanya bisa menyarankan, untuk anda yang menggunakan motor harian, silahkan mencoba product ini. Untuk motor yang tujuannya hobbian, lebih baik jangan, di karenakan akan (ada kemungkinan) menyumbat saluran oli di dalam mesin ada...yang ada bukannya solusi, malahan masalah. Mungkin anda juga bisa membaca blog lainnya seperti contohnya di sini.
Selamat mencoba :)
 
Sekitar sebulan (kurang lebih) yang lalu, saat saya mencari-cari oli mesin untuk mengganti (yang saat itu) saya gunakan, Shell AX 5, saya berjalan-jalan di Ace Hardware. Saat pencarian, seperti yang anda lihat di Ace Hardware, banyak sekali pilihan-pilihan untuk mesin anda. Yah dari macam-macam oli mesin, water coolant, penambah oktan dan sebagainya. Selain dari barang-barang tersebut yang di pajang di bagian mobil / otomotif saya melihat ada produk baru yang sebelumnya saya belum lihat di pajang di Ace Hardware Bogor (warung jambu).
Setelah saya melihat sekilas brosur yang di sediakan, saya membaca bahwa produk ini bukan lah penambah oktan. Hmmmm something interesting nih.. Karena kalau dari produk penambah oktan saya sendiri sudah terpaku oleh 2 macam produk, yaitu Norival atau Kapur barus (kamper).  Setelah membaca brosur, singkatnya begini:
Produk ini, Nano Energizer, akan melapisi bagian dalam mesin anda dengan Ceramic / keramic. Salah satu karakter keramik adalah "tidak" menyimpan hawa panas. Panas bisa di bilang musuh terselubung terbesar untuk mesin bermotor (selain dari debu / kotoran), jika kita memiliki kesempatan untuk membuang hawa panas dari mesin kita, sebagai pemilik kendaran bermotor, saya sangat sarankan untuk melakukan ini. Karena dengan hawa panas yang berada di dalam mesin akan mengangibatkan:
  • Oli mensin cepat "habis"
  • Mesin akan memuai yang membuat ruangan menjadi sempit dan semua "moving parts" akan langsung bergesekan. Ini yang membuat goresan-goresan terjadi di dalam mesin anda.
  • Karena goresan yang berada di dalam mesin anda, maka tekanan mesin pun akan berkurang. Karena tekanan berkurang, mesin anda pun berkurang menghasilkan tenaga dengan jumlah BBM yang sama.
  • Karena mesin anda menghasilkan tenaga yang kurang dengan jumlah BBM yang sama, anda akan menggunakan BBM lebih banyak. AKA boros BBM.
  • Boros BBM = Boros dompet
  • Mesin rusak = Boros dompet
  • Mesin rusak, Motor rusak, Beli motor baru = Boros dompet
Dengan point-point di atas, akhirnya saya pun mencoba (setelah gajian :D ) menggunakan Nano Energizer ini. Setelah menggunakan (detik ini) sebanyak kurang lebih 160 KM, saya memang merasakan adanya perubahan. Apa yang saya rasakan?
  • Knalpot / Exhaust lebih panas dari biasanya, ini menandakan hawa panas lebih banyak keluar dari mesin. Good..
  • Mesin masih panas, tapi tidak sepanas sebiasanya. Good
  • Mesin lebih halus, enteng (ini bisa di mungkinkan karena saya sudah mengganti oli ke Shell AX 7, review mengenai ini akan saya buatkan setelah botol ke 2 masuk, karena sekarang masih ada Nano Energizer di dalamnya)
  • Penggunaan BBM lebih irit. Yang tadinya saya pulang pergi Bogor - Jakarta beli BBM sebanyak 4,5 Liter, sekarang menjadi 3.4 liter.
Cara penggunaan Nano Energizer:
  • Panaskan mesin anda selama 5 menit (atau bila anda merasa mesin sudah cukup panas)
  • Matikan mesin, buka penutup oli mesin
  • Masukan Nano Energizer ke dalam kamar oli
  • Silahkan gunakan.
Di sarankan, menggunakan motor sejauh 150 KM, anda baru merasakan perbedaan. Setelah membaca-baca blog lainnya yang menulis tentang produk ini, ada dari mereka mengatakan, agar penggunaan untuk motor yang di gunakan setiap hari. Karena produk ini akan melekat kepada metal, jika motor tidak di gunakan secara sering, maka akan ada kemungkinan (besar) akan menyumbat saluran oli mesin. Jadi di sarankan, untuk motor yang hanya di gunakan 1 x seminggu, jangan menggunakan produk ini. Atau jika anda ingin mengunakan produk ini ke dalam motor hobi-an, gunakan motor tersebut setidaknya sejauh 150 KM. Dan jika anda akan menyimpan kembali di garasi, di sarankan mengganti olinya terlebih dahulu,
Untuk saya sih ga ada ruginya untuk mencoba produk ini....

Selamat mencoba.