Kali ini saya ingin membahas cara penggunaan kapur barus ( atau sering di kenal juga dengan nama kamper / kecoak killer ). Mudah-mudahan ini bisa membantu anda dan Negara ( dengan mengirit BBM, kita secara langsung membantu negara dan juga diri sendiri untuk menuju masa depan yang cerah... cieeee). Kenapa saya ingin menjelaskan ini? Kenapa menurut saya penggunaan BBM harus di perhatikan? berikut alasan mengapa saya ingin penggunaan BBM lebih effektif:
- Alam. Alam kita ini ada batasnya, jika kita perlakukan alam seperti yang sudah kita lakukan seperti yang kita sudah lakukan di masa lalu ke masa depan, maka alam kita ini tidak akan bertahan lama. So help me, helping you.

- Irit BBM, hemat dompet. Mau kita pakai pertamax (plus) atau jenis lainnya, ujung-ujungnya kita tetap harus bergerak. Andaikan anda menggunakan motor anda 50 KM / hari, jika anda membutuhkan 1,5 liter bensin untuk menempuh jarak yang anda butuhkan bisa di irit 10-30%, berapa banyak anda menghemat BBM / dompet? Setiap orang beda-beda perhitungannya.

- Perawatan motor. BBM type premium mengandung oktan / octane sebanyak 88. Pertamax 92, pertamax plus 95. Jika mesin anda memiliki kompresi di atas angka 9.0 anda membutuhkan minimal BBM type pertamax ( oktan / octane 92, cocok untuk kompresi mesin 9.0 sampai 10.0 ), jika anda menggunakan BBM premium yang kadar oktan / octane nya hanya 88, cepat atau lambat anda akan menghadapi "knocking" ( suara nge-gilitik dari mesin ). Ini sangat berbahaya untuk mesin anda, yang jika kejadiannya berkepanjangan akan mengangibatkan turun mesin...dan biayanya ( untuk banyak orang ) akan membuat anda sendiri pusing.

- Membantu negara, kenapa sih penting banget membantu negara? sudah banyak orang mungkin kecewa dengan sinergi pemerintah yang selalu kita lihat di layar tv/dunia maya/korang, tapi kita tidak boleh berfokus ke sini, masih juga banyak orang di pemerintahan yang bener. Yang membutuhkan biaya untuk membangun negara ini. Jangan sampai mereka yang membutuhkan kita, terikat karena biaya yang di butuhkan untuk membantu masyarakan tidak cukup dan harus menunggu dana di masa depan...let's help them.

- Dan alasan lainnya.
1 ( satu ) butir kapur barus / kamper cocok untuk 10 Liter BBM Premium
Ok deh, sekarang unek-unek sudah di keluarkan, giliran saya menceritakan bagaimana cara menggunakan kapur barus / kamper dengan benar ke dalam mesin anda.
- Beli kamper / kapur barus di swalayan terdekat anda.
- Cari kamper yang bentuknya seperti permen mentos, bukan seperti bola. Karena kita akan memotongnya agar penggunaan "tepat". (Saya selalu membeli kamper merek Bagus 150 Gram)
- Ingat, 1 ( satu ) butir kapur barus / kamper cocok untuk 10 Liter BBM Premium
- Buka kantong kapur barus dan potong-potong sesuai kebutuhan (saya memotong sebagian besar 1/2 ( setengah ), dan beberapa saya potong 1/4 ( seperempat ).
- Masukan potongan-potongan ke dalam tupper / tulip ware yang kedap udara.
- Ambil potongan yang anda butuhkan ( contoh, saya butuh 1/2 potongan, karena saya baru saja mengisi 4,4 liter BBM atau Rp 20.000,- )
- Hancurkan potongan kamper di antara 2 kertas ( atau benda lainnya yang menurut anda cocok ). Penghalusan kamper di lakukan agar penyerapan kamper dengan BBM agar lebih cepat di bandingkan jika anda memasuki kamper dalam bentuk utuh.

- Masukan "bubuk" kapur barus / kamper ke dalam tanki bensin di motor anda.

- Tunggu sebentar agar campuran bubuk kapur barus / kamper menyatu dengan BBM (kira-kira 1 sampai 5 menit)
- Silahakan menggunakan motor anda.
- Jangan lupa menyimpan peralatan / benda2 yang anda gunakan untuk mengerjakan ini ke dalam tempatnya.
Lebih baik kurang, dari pada berlebihan
Tip:
Di karenakan pembelian / ukuran tengki bensin semua orang berbeda-beda, mungkin banyak orang akan bertanya-tanya bagaimana jika pembelian BBM tidak mencapai sampai 5 liter atau lebih?
Menurut cerita yang saya dengar, "Lebih baik kurang, dari pada berlebihan". Dengan ukuran penggunaan 1 butir kapur barus bisa mencukupi 10 Liter BBM, saya sarankan untuk membeli "Pure" BBM premium minimal 2,5 liter. Dengan segitu, anda bisa memasukan 1/4 potongan kapur barus / kamper ke tengki bensin anda. Jika anda memotong kamper lebih kecil, maka kamper anda akan berantakan.
Penggunaan ini tidak terbatas hanya di motor saja, untuk pemakaian di Mobil pun bisa. Tip ini saya dapatkan dari seorang supir expat dengan tipe mobil Toyota Camry 3000 CC yang di mana dia juga menggunakan cara ini di mobilnya.
Testing:
Saya pribadi sudah melakukan test dengan 2 tipe motor, yaitu:
- Pulsar sebanyak 750 KM (2 tengki penuh).
- Minerva GTR 170 sebanyak kira 4000 KM ( 2 bulan ) and counting :D .
Silahkan tinggalkan komentar anda jika anda telah menggunakan tip saya ini.

Selamat mencoba.
 


Comments

Nur Cahyo
14/06/2013 5:42pm

kak, kalo pemberian kapur barus lebih dari 1 butir pada tangki yang telah di isi kurang lebih 2 liter efeknya pada sepeda motor gimana?
thanks

Reply
Nur Cahyo
14/06/2013 5:44pm

kak, kalo pemberian kapur barus lebih dari 1 butir pada tangki yang telah di isi kurang lebih 2 liter efeknya pada sepeda motor gimana?
thanks

Reply
17/06/2013 9:35am

Dear bro Nur,

Lebih baik jangan se-extreme seperti itu (2 liter lebih dari 1 butir, 1 aja sudah kebanyakan). Jika kebanyakan kapur barus di masukan ke dalam tengki bensin, yang ada terlalu banyak kapur barus di dalam bensin, dan kemungkinan besar akan meninggalkan residu di dalam mesin, yang akhirnya malah merusak mesin lebih cepat. ingat, lebih baik kurang, dari pada kebanyakan. 1 butir kapur barus (kamper) = 10 liter BBM. so kalau anda mengisi 2 liter, berarti 1 butir di bagi 10.

Reply
ruddy
25/06/2013 9:44am

om, ini untuk motor karbu apa inejeksi??

Reply
25/06/2013 9:48am

Saat ini sih baru di coba di motor yang menggunakan karbu, dari cerita supir expat sih dia bilang menggunakan toyota camry yang sudah menggunakan fuel injection. Karena pengalaman pribadi blom pernah menggunakan kapur barus di motor fuel injection ... saya sendiri blom bisa meng-confirmasikan ini.

sebagai saran sih, kalau karbu biasanya mensinnya bandel, kotor dikit bisa di bersihin. kalau fuel injection, agak rumit...so ... be carefull

Reply
ruddy
25/06/2013 12:47pm

oceeee :) :)

Reply
abay
13/08/2013 11:48am

bang klo untuk motor metik karbu itu ukuran nya berapa ....dan itu kamper boleh di gunakan setiap pengisian BBM ga?

Reply
15/10/2013 12:32pm

setiap pengisian BBM boleh2 aja, asal jangan kebanyakan. inget mas 1 butir untuk 10 liter, so kalau mas ngisi cuman 1 liter, yah tuh kamper di bagi 10 aja...jangan kebanyakan pokoknya

Reply
08/10/2013 12:05pm

sangat bermanfaat sekali bang infonya...
mau tanya, kalo untuk motor dengan mesin 2tak apa bisa digunakan??
atas tanggapannya terimakasih

Reply
wiranto
11/10/2013 1:45am

tidak ada efek negatif pada mesin?
thx u 4 sharing

Reply
15/10/2013 12:30pm

So far sih ga ada kabar yang mengerikan....

heru
15/10/2013 11:13am

haduh,,,kemarin saya coba 10 butir lebih gmn kak q blm thu coba2 sendiri denger tangga q kalu kapur barus bisa irit langsung tk kasih 5 butir pertamanya.

Reply
15/10/2013 12:31pm

Wah mas heru, 10 butir sih kebanyakan...1 butir cukup untuk 10 liter bensin mas.

Reply
triasto
02/11/2013 10:00pm

ini kalau pke motor beat jg bisa pak?
n bner2 bisa bkin irit dengan hnya kapur barus/ kamper bagus...
klo yg tangki'a bsa muat bensin 3,5 or 3,2 liter ukuran'a 1/4 or 1/2 pak?
mohon penjelasannya.. terima kasih

04/11/2013 4:03am

Mas Triasto,

Bisa mas, tinggal di itung aja brapa mas masukin bensin ke dalam tengki. kan ga tiap kali ngisi 3.2-3-5 liter kan? pokoknya takerannya 1 butir kamper / kapur barus = 10 liter. jadi kalau di potong 1/2 = 5 liter, di potong 1/4 = 2.5 liter. gitu aja...

Reply
17/12/2013 9:39am

mas kalo kapor barus sebelum dipakai diredam dalam ditempat lain, setelah dah larut dimasukkan ke dalam tangki , bolah mas, ada

Reply
25/12/2013 6:29am

maksudnya di rendem di jirigen ? yah boleh2 aja... bukannya di rendem di larutan lain selain bbm yah :)

Reply
taufiq
23/12/2013 7:36pm

Om...
kalo kampernya warnawarni ga pengaruh kan? apa ada pengaruhnya jg? efeknya kaya pertamax ga?
bisa bikin karbu+mesin jd bersih...?

Reply
25/12/2013 6:28am

@bro taufiq

saya sih di bilangin jangan menggunakan kamper yang warna warni,malahan yang bilang mengharuskan menggunakan warna putih. kalau soal effek, saya sendiri sih ga ada effek negatif selama saya pake kamper/kapur barus. but inget yah, semua ini sekedar knowledge sharing aja. bukannya recommendasi untuk semua orang melakukannya.

Reply
aril khota radja
28/01/2014 8:31pm

sekedar masukan gan, cara mencampur yang aman, kapur barus yang udah dihaluskan dimasukkan dulu ke botol yang kering, terus dicampur dengan bensin sembari digoyang2. supaya bisa ngontrol klo kapur barusx larut semua, setelah itu silahkan masukkan ke tangki kendaraan.

Reply
12/02/2014 12:00pm

permisi,numpang promosi ya...
DAPATKAN UANG YANG BANYAK DENGAN SARANA AKUN FACEBOOK kamu.
SIAPAPUN ANDA PASTI BISA, JGN BUANG WAKTU ANDA,JANGAN SIA2KAN KESEMPATAN.
SEGERA DAFTAR DI http://goo.gl/s3DpEz

Reply
ibenk
08/03/2014 5:53pm

klw saran ane kapur barus nya.. jgn d haluskan..langsung aje masukin 1 butir untuk motor metik/bebek. . klw motor gede cukup 2 aje..

Reply
rendirizki
23/03/2014 8:53pm

gan, klo pertamax dicampur kamper boleh apa nggak gan?

Reply
haerudi
19/04/2014 5:51pm

beneran ga ni infonya .?

Reply
runtut wijayanto
22/08/2014 10:54am

aduh aku kebanyakan,,tanki motor 13.5 liter aku isi 13 butir,,tarikanya enak bgt melebihi saat pakai pertamak,, tapi berikutnya mau aku isi sesuai perbandingan 1 butir untuk sepuluh liter saja,, info yg saya dpt pertama kali 1butir untuk 1liter,, hasilnya ya memang over tarikan motor enteng melebihi saat makai pertamak,,tp gak tau efeknya..takut mesin jebol,,mending pakai perbandingan 1butir untuk 10liter

Reply
bunyamin
26/08/2014 2:51pm

saya dukung penggunaan kamper utk campuran premium,sejak th 1991 saya sdh memakai campuran ini utk motor vespa, sampe sekarang pun vespanya masih ok,th 2000 saya coba ke mobil injection,kecepatan nambah,mesin sampe sekarang masih sehat.

Reply
fajar
28/08/2014 8:58am

penggunaan diatas ada penyebab kerusakan mesin atau efek samping gak mas ?

Reply
hendri
10/09/2014 6:03am

pa....kl d pke d solar gMn_ bs ga????

Reply



Leave a Reply